7 Cara Memilih Lokasi Usaha Yang Tepat Dan Strategis

cara memilih lokasi usaha – Salah satu cara pemasaran produk yang tepat adalah dengan memilih tempat usaha yang strategis. Beberapa orang yang ingin baru membuka usaha pasti banyak yang bingung bagaimana cara memilih lokasi usaha, karena semua orang paham dengan memiliki tempat usaha yang strategis akan mudah untuk melakukan promosi produk kepada konsumen. Oleh karena itu anda harus mengetahui cara memilih lokasi usaha yang baik dan tepat agar anda tidak keliru dalam mengambil keputusan.

Seperti yang telah kita bahas pada artikel sebelum nya cara Promosi produk yang efektif dimana salah satunya faktor penentu kesuksesan dalam hal penjualan produk adalah lokasi strategis untuk melakukan pemasaran. Memilih tempat usaha yang strategis merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam menentukan sukses atau tidak nya sebuah perusahaan. Sebab dengan memiliki tempat usaha yang strategis maka tingkat penjualan pun semakin tinggi yang berpengaruh langsung dengan kesuksesan usaha, begitu sebaliknya bila tempat tidak strategis maka penjualan tidak akan sebagus lokasi usaha yang strategis, tetapi untuk beberapa kasus juga banyak para pengusaha bisa sukses dengan hanya memiliki lokasi usaha yang kurang strategis.

cara memilih lokasi usaha
Ilustrasi : cara memilih lokasi usaha

Maka dari itu sebelum anda membuka sebuah usaha maka ada baik nya bila anda sudah mulai dini mendapatkan lokasi usaha terbaik untuk bisnis anda nantinya, bukan hanya untuk saat ini saja bisnis tersebut melainkan dimasa masa yang akan datang, karena semakin sebuah bisnis memiliki umur yang panjang maka semakin bagus pula bisnis tersebut, tidak hanya 1 atau 2 tahun kalau bisa sampai selama nya hingga di turunkan ke anak dan cucu kelak.

Untuk mendapatkan lokasi usaha yang baik perlu yang nama nya sebuah riset atau survei terhadap lokasi yang ingin kelak di jadikan usaha anda nanti nya. Jangan tergesa gesa dalam memilih lokasi usaha yang strategis dimana tetap membutuhkan kematangan dalam menentukan lokasi yang strategis, membandingkan satu tempat dengan tempat lainnya yang dinilai lebih potensial. Anda pun juga harus memperhatikan dalam masalah dana yang anda miliki untuk memiliki tempat yang strategis karena biasanya harga sewa atau harga jual sebuah properti yang strategis misal di pinggir jalan, harga nya luar biasa mahal, jadi kan hal tersebut sebagai pertimbangan sebelum memilih tempa usaha yang strategis.

Cara Memilih Lokasi Usaha

Oke langsung saja berikut ini adalah cara memilih  lokasi usaha yang strategis yang sekiranya bisa menjadi referensi atau pedoman bagi anda dalam memilih tempat usaha yang strategis dan tentunya memiliki prospek kedepan nya oleh temakita:

  1. Jumlah Penduduk Sekitar

Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk memantau calon lokasi usaha adalah, lihat lah penduduk sekitar lokasi. Dimana salah satu kriteria lokasi usaha yang bagus adalah lokasi yang jumlah penduduk nya cukup banyak dan rapat. Tentu nya dengan mendirikan usaha di tempat yang ramai, akan membuat usaha anda akan memiliki pelanggan yang setia dengan begitu perputaran roda bisnis akan stabil dan cepat.

Sebaliknya bila membuka usaha di lokasi yang jarang akan pengunjung atau jauh dari keramaian maka sudah dipastikan usaha tersebut hanya di datangi oleh beberapa orang saja setiap hari nya, apalagi bila anda membuka usaha kuliner maka semakin ramai lokasi yang anda tempati maka akan semakin laris dagangan anda, dan begitu pula dengan sebaliknya. Untuk usaha yang lain tentu sama saja konsep nya.

  1. Pendapatan Penduduk Sekitar

Hal selanjutnya perlu anda perhatikan adalah pendapatan pada penduduk sekitar lokasi yang akan anda jadikan usaha tersebut, sebuah pendapatan merupakan salah satu faktor penting dalam mempengaruhi tingkat konsumsi di sebuah rumah tangga, tentu semakin besar pendapatan yang diperoleh maka semakin besar pula pengeluaran yang di lakukan. Maka dari bukan hal yang aneh sebuah usaha yang terletak di pemukiman padat penduduk dengan pendapatan yang tinggi akan mengalami keuntungan yang besar.

cara memilih lokasi usaha yang strategis
Ilustrasi : cara memilih lokasi usaha yang strategis

Mungkin kita dapat mengambil sebuah contoh dalam usaha laundry yang dibuka di daerah padat akan penduduk nya rata rata seorang mahasiswa atau pun karyawan kantoran, maka sudah dapat di pastikan bukan usaha laundry tersebut akan mengalami perkembangan dan laris manis. Berjualan di tempat yang rata rata pembeli nya merupakan seorang karyawan maka prospek usaha akan jauh lebih cemerlang, ini lah mengapa alasan bahwa pendapatan penduduk sangat memiliki peran yang penting pada usaha yang kita bangun.

  1. Tingkat keramaian Lalu Lintas

Sebuah tingkat keramaian pada suatu tempat bukan lah sebagai penentu utama pada kesuksesan sebuah usaha tetapi paling tidak merupakan salah satu usaha. Misal membuka usaha di dekat pemukiman warga memang tidak ramai dengan konsumen, jelas lalu lintas nya pun sepi, namun konsumen nya hanya penduduk sekitar maka tetap ada saja pelanggan yang akan membeli produk anda, paling tidak roda bisnis masih terus berputar. Namun bila anda merupakan usaha toko pakaian maka buka lah di lokasi di tempat tempat yang ramai kalau bisa membuka di pusat pusat perbelanjaan yang merupakan pusat keramaian.

  1. Tingkat Persaingan nya Rendah

Persaingan dalam bisnis itu sudah hal yang biasa, tetapi paling tidak anda telah menentukan lokasi usaha yang tingkat persaingan nya yang rendah sehingga usaha anda mendapatkan keuntungan yang besar. Jika memang pada lokasi usaha tersebut tingkat persaingannya tinggi maka anda perlu melakukan berbagai inovasi untuk merebut hati konsumen, bila anda tidak begitu yakin hal tersebut maka sebaiknya hindari peluang lokasi tersebut.

  1. Tingkat Keamanan Lokasi Sekitar

Lokasi usaha yang akan anda tempati harus juga diperhitungkan tingkat keamanannya, setidak nya memiliki lahan parkir yang mencukupi untuk konsumen anda. Bila perlu anda sediakan lahan parkir yang luas agar memudahkan dan memberikan kepercayaan lebih dari segi keamanan bagi konsumen anda. Anda pun harus memastikan juga di sekitar merupakan daerah yang aman dan tentram, jangan sampai salah bila anda salah memilih lokasi, jauhi lokasi lokasi yang memiliki tindak kriminalitas yang tinggi sangat tidak direkomendasikan.

  1. Akses Menuju Lokasi

Yang perlu anda perhatikan juga adalah akses untuk menuju lokasi usaha anda oleh konsumen, yaitu dengan lokasi usaha dan akses yang mudah terjangkau akan menjadi pertimbangan utama, bila perusahaan anda di desain untuk pabrik maka tentukan lokasi yang memberikan akses yang mudah untuk alat alat berat dan alat transportasi, dengan lokasi yang mudah di jangkau maka roda usaha akan terus tetap berjalan.

  1. Tingkat kebersihan Lokasi

Faktor kebersihan merupakan hal penting yang perlu anda perhatikan dalam memilih lokasi usaha, usahakan jangan memilih lokasi usaha yang berdekatan dengan tempat yang kumuh, namun bila lokasi kumuh tersebut memiliki tingkat keramaian yang bagus maka tidak ada salah nya bila anda meminta bekerja sama untuk membersihkan lokasi tersebut demi kebaikan bersama. Dengan memiliki lokasi usaha yang bersih akan membuat konsumen akan betah berlama lama dan sering mengunjungi usaha anda. Terlebih lagi bila jenis usaha yang anda dirikan merupakan usaha yang berhubungan dengan kuliner maka kebersihan merupakan faktor penentu keberhasilan.

Kesimpulan

Dalam menentukan lokasi usaha tidak perlu tergesa gesa karena tetap membutuhkan pertimbangan yang matang untuk membandingkan lokasi yang satu dengan lokasi yang lain, untuk mendapatkan lokasi usaha yang sesuai sehingga membantu perusahaan anda sukses, sekian artikel tentang Cara Memilih Lokasi Usaha, semoga bermanfaat terimakasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *