6 Rahasia Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan – Bagi umat islam puasa ramadhan merupakan sebuah kegiatan yang wajib untuk di lakukan, karena dirasa besar nya manfaat puasa di bulan ramadhan tersebut. Puasa ramadhan adalah ibadah yang luar biasa istimewanya yang dimana bulan puasa ramadhan hanya satu satu tahun sekali yaitu di bulan ramadhan, puasa ramadhan dilakukan selama satu bulan penuh lama nya agar umat islam mendapatkan manfaat puasa di bulan ramadhan tersebut. Bulan puasa merupakan bulan yang selalu di tunggu tunggu oleh seluruh umat islam di seluruh dunia, karena bulan puasa selalu mendatangkan hikmah dan manfaat puasa ramadhan.

Puasa bulan ramadhan merupakan hal yang wajib untuk dijalankan seluruh umat muslim, bahkan saat ini banyak opini dari para dinas kesehatan diantaranya seperti dokter dan berbagai peneliti kesehatan menyatakan puasa merupakan proses detoksifikasi atau suatu proses pengeluaran zat racun/sisa dari dalam tubuh. Namun manfaat puasa ramadhan dilakukan selama satu bulan penuh, tentu hal tersebut sangat baik untuk tubuh kita.

Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan
Ilustrasi :Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan

Manfaat puasa ramadhan dalam islam tidak bercerita tentang mengatur pola hidup sehat saja melainkan bulan pelatihan orang islam dalam mengatur diri seperti menahan diri dari perbuatan perbuatan buruk, menahan diri makan dan minum, menahan diri melakukan hubungan sexsual pada pasangan suami istri, menahan diri selalu berbuat positif seperti beribadah dan banyak manfaat puasa di bualan ramadhan lain nya.

Diharapkan setelah bualan puasa pelatihan yang dilakukan selama satu bulan penuh beribadah puasa mendapatkan kebaikan seperti asupan makanan, disiplin dalam segala hal melakukan yang diperintah dan menjauhi segala di larang oleh ALLAH terhadap umat nya. Hal tersebut semua nya demi manfaat dan kebaikan manusia itu sendiri. Selama pada bulan puasa ramadhan, pada dasar nya adalah mengganti makan mengganti makan pagi menjadi makan subuh, melewatkan makan siang dan makanan malam tetap di laksanakan pada sore menjelang malam hari tepat nya saat waktu maghrib, serta menahan diri tidak minum selama kegiatan puasa berlangsung.

Pada kenyataannya manusia tidak makan dan minum selama kegiatan puasa tersebut, tidak lah buruk untuk kesehatan tubuh manusia, ketika tidak minum sepanjang hari menyebabkan konsentrasi pada semua cairan dalam tubuh yang menghasilkan sedikit dehidrasi, namun di dalam tubuh memiliki konservasi air tersendiri. Perlu anda ketahui ketika sebuah tanaman mengalami dehidrasi dan air konservasi dapat memperpanjang umur tanaman tersebut.

Manfaat puasa di bagi dua jenis yang pertama manfaat puasa fisiologis dan manfaat puasa secara psikologis. Dimana manfaat puasa untuk efek fisiologis pada manusia adalah menurunkan gula darah yang menyebabkan penyakit diabetes, menurunkan kolesterol, dan menurunkan tekanan darah sistolik, oleh sebab itu efek fisiologis tersebut sangat bermanfaat bagi penderita diabetes, obesitas dan hipertensi esensial. Sedangkan untuk efek psikologis yaitu mendapatkan kedamaian dan ketenangan jiwa bagi siapa saja yang melakukan puasa di bulan ramadhan, dengan begitu meminimalisir permusuhan antar individu dan tingkat kejahatan pun akan menurun. Langsung saja temakita akan menjelaskan manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan secara detail, berikut ulasan nya:

  1. Puasa Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak

Percaya atau tidak ternyata salah satu manfaat puasa di bulan ramadhan adalah meningkatkan kecerdasan otak pada manusia. Ketika kita sedang menjalani puasa ramadhan, neutropik yang diturunkan dari otak manusia akan mengalami peningkatan yang signifikan, dengan begitu tubuh akan meningkatkan produksi sel otak yang lebih banyak dibandingkan dengan kondisi normal, dengan begitu fungsi otak akan meningkat. Orang orang yang menjalani puasa juga mengalami penurunan hormon koristol yang dimana di produksi oleh kelenjar adrenal, hal tersebut dapat menurunkan tingkat stres yang sedang di alami.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Seperti yang telah di jelaskan, salah satu manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan adalah dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Hal tersebut telah di buktikan dari beberapa penelitian yang telah di lakukan, orang yang menjalani puasa ramadhan akan mengalami penurunan kolesterol jahat dalam darah, dengan menurun nya kadar kolesterol tersebut, maka dapat mengurangi resiko terkena serangan penyakit jantung maupun stroke. Apalagi bila anda merupakan orang yang sangat memperhatikan penampilan yang salah satu nya menjaga berat badan ideal, dimana salah satu cara nya menjalani proses diet secara teratur dan benar, dengan menjalani puasa akan mudah menurunkan tingkat kolesterol pada tubuh.

  1. Menetralkan Racun

Manfaat puasa di bulan ramadhan yang selanjut nya adalah dapat menetralkan racun yang ada dalam tubuh selama menjalani puasa. Tubuh akan mengalami proses detoksifikasi atau mengeluarkan berbagai macam racun melalui sistem pencernaan manusia. Ketika tubuh menggunakan cadangan lemak yang ada didalam tubuh untuk membentuk energi, di situ lah cadangan lemak akan membakar segala macam racun yang berbahaya untuk tubuh manusia.

  1. Diet Cepat Dan Sehat

Tidak dapat di pungkiri lagi manfaat yang paling terasa dari manfaat puasa di bulan ramadhan merupakan diet cepat dan tentunya sangat aman untuk di praktik kan. Penurunan makanan yang dikonsumsi sehari hari ketika berpuasa sehingga mengakibatkan perut anda, secara bertahap akan terus mengalami menyusut, yang berarti makanan yang anda konsumsi lebih sedikit makan untuk merasakan kenyang. Apabila anda ingin masuk dalam kebiasaan cara makan makanan yang sehat maka saat bulan ramadhan adalah waktu yang tepat untuk memulai nya. Karena ketika itu nafsu makan anda akan lebih rendah daripada sebelum nya, sehingga anda pun akan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk overindluge dengan berbagai makanan.

  1. Dapat Menyehatkan Sistem Pencernaan

Dengan melakukan kegiatan puasa yaitu tidak makan selama sepanjang hari yang telah ditentukan saat bulan ramadhan, anda akan menemukan bahwa metabolisme anda akan menjadi lebih efisien, hal tersebut dapat terlihat dengan banyak nya jumlah nutrisi yang anda serap dari makanan berangsur membaik. Hal tersebut dipengaruhi oleh hormon yang disebut dengan adiponectin, yang diproduksi oleh kombinasi puasa dan makan di malam hari, sehingga memungkinkan otot otot anda akan menyerap lebih banyak nutrisi. Hal tersebut dapat mengakibatkan manfaat kesehatan bagi seluruh tubuh, seperti beberapa bagian dapat lebih baik menyerap dan memanfaatkan nutrisi yang organ butuhkan untuk berfungsi lebih baik dari sebelum nya.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh sangat penting untuk tubuh kita agar tetap sehat sepanjang hari, hal tersebut dimana sistem imun sangat berperan penting terhadap kekebalan dari serangan berbagai macam penyakit yang berbahaya, biasanya disebabkan oleh bakteri yang merugikan. Saat berpuasa sangat disarankan untuk makan buah buahan dimana fungsi buah buah untuk orang puasa adalah sebagai meningkatkan cadangan tubuh dengan vitamin dan mineral. Kebanyakan buah mengandung vitamin A dan E yang bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas banyak sekali manfaat puasa ramadhan bagi kesehatan, selain itu puasa ramadhan memiliki banyak manfaat penting lainnya seperti mengikatkan keimanan seseorang, menambah pahala begitu besar, serta menghapuskan dosa dosa yang selama ini anda perbuat terhadap sesama. Oleh karena banyak manfaat dari puasa maka mari kita lakukan kegiatan puasa ramadhan dengan ikhlas dan bahagia, sekian artikel tentang tujuan dan manfaat puasa ramadhan, terimakasih.

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *