Rahasia 5 Kunci Sukses Kuliah Dengan Predikat Cumlaude

Kunci Sukses Saat Kuliah – Masyarakat Indonesia saat ini sangat antusias untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah, terutama para orang tua yang mendorong anak-anak mereka untuk memberikan motivasi supaya ingin ke jenjang perkulihan. Tujuan ini tentunya untuk menunjang dan memperbaiki taraf hidup, mereka menganggap kuliah merupakan salah satu cara ampuh sukses dalam karir sebagai karyawan di perusahaan swasta maupun negeri. Kuliah pun harus mengerti kunci sukses saat kuliah supaya anda memiliki pedoman dalam kuliah secara efektif.

Pemikiran tersebut tidak lah salah  dan itu memang benar adanya, sekarang yang menjadi masalah adalah apakan individu yang menjalani kuliah memiliki motivasi besar untuk berkuliah atau tidak itu masalah nya. Banyak di luar sana mereka yang mengenyam pendidikan kuliah hanya untuk di habiskan santai-santai akhir nya kuliah tidak kelar-kelar ada yang DO ada pula yang skripsi tidak kelar-kelar.

Kunci Sukses Saat Kuliah
Kunci Sukses Saat Kuliah

Kunci Sukses Saat Kuliah

Untuk lulus kuliah dengan predikat sebagai cumlaude tidak didapatkan dengan mudah, karena biasanya mahasiswa yang lulus dengan status cumlaude tersebut seorang pekerja keras dan tekun, berikut adalah sedikit tips kunci sukses saat kuliah oleh temakita :

1. Tentukan Visi Dan Misi

Sebelum masuk kuliah tentukan terlebih dahulu niat kalian dan apa yang akan dilakukan saat kuliah supaya visi tersebut tercapai. Mungkin visi yang dapat di bentuk adalah supaya cepat lulus tepat waktu 3,5 tahun untuk lulusan S1 dan IPK 3,5 supaya mendapatkan predikat Cumlaude. Tentu harus sejak awal menentukan visi dan misi supaya kuliah tersebut memiliki arah dan tujuan nanti akan bagaimana hasil nya, semua tergantung anda yang menjalani visi dan misi tersebut.

2. Ikut Organisasi

Dengan mengikuti organisasi seorang mahasiswa akan belajar banyak dengan teman organisasi nya, tentu didalam sebuah organisasi tersebut ada tentor atau pamong nya yang akan membimbing adik senior nya untuk sukses dalam suatu bidang. Bisanya organisasi tersebut sebagai media untuk menyalurkan ilmu suatu bidang, untuk  waktu dan tempat memandu adik senior biasanya sudah ditentukan oleh panitia.

3. Tekun Belajar

Mahasiswa tugas nya adalah belajar, untuk materi tentunya sudah di tentukan di awal masuk kuliah dengan cara memilih jurusan kuliah. Misal mahasiswa ke dokteran pasti lah bobot ilmu yang dipelajari seputar biologi dan kimia, anak Informatika pelajarannya seputar Pemprograman dan sebagainya. Tekun belajar ini bersifat kegiatan belajar yang rajin, biasanya untuk mahasiswa tingkat awal penuh dengan tugas-tugas perkuliahan supaya untuk melatih mahasiswa untuk mandiri dan kuat di tempa kerja keras, sedangkan mahasiswa tingkat akhir lebih cenderung fokus pada pembuatan skripsi.

4. Bekerja Freelance

Banyak di luar sana para mahasiswa malas dengan bekerja freelance mereka lebih memilih untuk senang-senang, akhirnya setelah lulus mereka kebingungan karena tidak memiliki pengalaman yang cukup. Bekerja freelance akan membantu mendapatkan pengalaman bekerja di bidang kuliah dan dunia kerja selain itu bekerja freelance juga dapat membantu pemasukan keuangan biasanya digunakan untuk membayar kuliah atau untuk uang tambahan. Tentunya sangat menguntungkan bukan bekerja freelance tetapi yang susah bekerja freelance adalah mengatur motivasi kuliah dan waktu harus lah tepat bila tidak akan terbuai dengan pekerjaan tersebut yang akhirnya tidak lanjut kuliah.

5. Cari Beasiswa

Tidak semua loh mahasiswa itu dari orang tua nya yang kaya raya dan sanggup membiayai kuliah mereka dari awal sampai lulus, banyak disana orang tua yang tidak mampu harus menyekolahkan anak-anak nya dengan susah payah, sekarang tergantung anak nya apakah pengertian orang tua nya yang bekerja keras untuk membiayai kuliah. Bila pengertian tidak ada salah nya untuk mencari program beasiswa yang diadakan negara atau pun universitas. Biasanya untuk bantuan beasiswa di universitas ada 2 yaitu bantuan langsung tunai yaitu beasiswa untuk orang tidak mampu dan beasiswa prestasi. Untuk beasiswa prestasi cukup susah didapatkan nya yaitu mahasiswa harus memiliki IPK diatas 3.7 untuk bersaing dengan mahasiswa yang lain.

Kesimpulan

Kuliah memang lah penting untuk menunjang kesuksesan karir, tetapi tidak selamanya orang kuliah itu sukses karena kuliah. Sekedar pengalaman saja universitas itu hanya mengajari ilmu-ilmu dasar saja, untuk pengemabangan nya silahkan mencari  diluar. Jangan biarkan apa pun menghambat anda sukses berkuliah seperti dibully oleh teman, bertengkar dengan dosen, malas belajar dan sebagainya. Sekian artikel tentang kunci sukses saat kuliah, semoga bermanfaat, terimakasih.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *