5 Cara Berhenti Merokok Bagi Perokok Berat

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook2Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Cara Berhenti Merokok Bagi Perokok Berat – Sebagian besar orang perokok aktif masih bingung, bagaimana cara berhenti merokok?. Mungkin dari para perokok aktif tersebut sudah terbuka hati nya untuk berhenti merokok secara total. Namun yang saat ini menjadi permasalahan adalah susah nya untuk berhenti merokok, hal tersebut lantaran dalam kandungan rokok tersebut membuat ketagihan untuk terus mengkonsumsi setiap hari bahkan setiap saat. Tentu tidak ada yang mustahil untuk melakukan segala sesuatu nya apa lagi melakukan hal yang baik seperti hal nya berhenti merokok, oleh sebab itu penting nya anda harus mengetahui cara berhenti merokok bagi perokok berat, agar hidup anda selalu sehat.

Seperti yang kita ketahui rokok memiliki kandungan yang sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh, yang jelas seorang perokok aktif akan mudah terkena penyakit jantung dan paru paru, hal tersebut tentu berdasarkan data yang valid dari sebuah penelitian bahwa orang meninggal dunia yang disebabkan penyakit jantung 20% nya adalah seorang perokok. Hal tersebut sudah jelas bukan didalam setiap kandungan rokok terdapat 400 zat kimia yang berbahaya untuk kesehatan serta terdapat 70 zat yang memicu timbul nya kanker, oleh sebab itu bahaya rokok bagi kesehatan tubuh manusia.

Cara Berhenti Merokok Bagi Perokok Berat
Ilustrasi : Cara Berhenti Merokok Bagi Perokok Berat

Saat ini pun rokok tidak hanya rokok yang terbuat dari bahan dasar tembakau saja yang diminati masyarakat melainkan juga ada rokok elektrik, dimana rokok elektrik ini merupakan rokok yang berbahan dasar zat kimia yang berbahaya untuk kesehatan diantaranya seperti zat kimia gliserin, propilen glikol dan berbagai zat perasa yang dibuat dari campuran bahan kimia yang berbahaya. Sama halnya rokok tembakau dimana rokok elektrik juga berbahaya untuk kesehatan tubuh karena kebanyakan perokok elektrik biasanya terkena penyakit berbahaya seperti penyakit paru paru, penyakit jantung dan sering mual mual.

Baik rokok tembakau atau pun rokok elektrik dapat memicu timbulnya penyakit penyakit mematikan, maka sebagian perokok aktif pun mulai untuk menjauhi yang nama nya rokok tersebut dengan berbagai cara berhenti merokok total, hal tersebut lantaran sudah ada tergugah hati nya untuk segara berhenti merokok, artikel kali ini temakita akan lebih memberikan tips cara berhenti merokok secara alami, agar dapat membantu anda dalam berhenti merokok secara total :

  1. Bulat kan Tekad Dan Niat

Segala sesuatu keinginan perlu yang nama nya membulatkan niat dan tekad kita agar tercapai segala tujuan yang di inginkan. Tanpa ada sebuah tekad dan niat maka mustahil seseorang tersebut dapat menggapai apa yang di inginkan nya, bisa dikatakan niat dan tekad tersebut merupakan kunci atau pondasi keberhasilan dalam menggapai apa yang di inginkan. Sama hal nya berhenti merokok, harus segera mungkin untuk niat kan berhenti merokok.

Niat untuk berhenti merokok harus datang dengan sendiri nya, tanpa ada paksaan dari orang lain. Karena bila niat itu berupa paksaan dari orang lain maka sama saja hal tersebut akan sia sia belaka. Cara yang paling mudah dalam membulatkan niat untuk berhenti merokok adalah dengan memiliki pikiran “Sudah berapa uang yang telah di belanjakan dalam membeli rokok setiap hari nya”, coba saja uang yang anda belanjakan untuk beli rokok anda tabung maka bukan hal yang mustahil anda akan mendapatkan manfaat menabung yaitu menjadi kaya raya.

  1. Buat Sebuah Perjanjian

Cara berhenti merokok bagi perokok berat selanjut nya adalah dengan cara membuat sebuah perjanjian sebuah denda kepada orang terdekat, mungkin bisa saja kepada pacar wanita, atau pun bila sudah menikah kepada istri atau pun anak dengan begitu anda akan menaati janji tersebut bila tidak anda akan dikenakan denda sebesar nominal dalam perjanjian. Dengan melakukan hal tersebut akan sama sama menguntungkan, yang pertama anda berhasil untuk berhenti merokok dan yang kedua orang terdekat anda dapat menabung dari denda yang anda berikan sehingga bisa membeli berbagai keperluan yang mereka inginkan seperti baju Fanel keren atau membeli baju anak perempuan imut.

  1. Rokok Di Ganti Dengan

Cara selanjut nya untuk cara berhenti merokok dalam islam yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan ringan seperti snack sehat dan permen. Cara ini tergolong mudah dan tidak membutuhkan biaya yang besar, cukup membeli makanan ringan bila lebih hemat lagi hanya membeli permen. Karena orang yang merokok terbiasa mengkonsumsi pahit pahit atau mengalami asam pada mulut nya jika perokok aktif tersebut tidak merokok. Menyelesaikan masalah tersebut maka konsumsi lah dengan permen mint atau pun permen jahe, juga bisa mengkonsumsi makan ringan yang memiliki rasa cukup manis tetapi jangan terlampau sering karena manis manis tidak baik untuk kesehatan. Dengan hal tersebut maka secara tidak langsung anda akan terbiasa berhenti merokok.

Jangan lupa juga untuk selalu mengkonsumsi air putih, yaitu konsumsi lah air putih secara rutin bila perlu di perbanyak sesuai dengan anjuran kesehatan dari dokter. Dengan meminum air putih maka anda dapat mengatasi rasa asam pada mulut dan mendapatkan manfaat air putih yang menyehatkan tubuh. Ketika anda merasa ingin merokok maka segera lah untuk mengkonsumsi air putih maka dalam seketika hasrat anda merokok akan hilang.

  1. Alihkan Perhatian Dengan Kesibukan

Para perokok pemula hingga ke perokok berat biasanya mengkonsumsi rokok di saat ada waktu senggang, di waktu waktu tersebut lah para perokok aktif melakukan aktivitas merokok dengan harapan dapat menghilangkan stres pekerjaan atau pun beban hidup. Oleh sebab itu saat waktu senggang tersebut isi lah dengan kegiatan yang bermanfaat atau atur waktu se sibuk mungkin sehingga tidak ada waktu senggang yang terasa. Cara tersebut dapat menghilangkan kebiasaan merokok anda beberapa saat, namun bila anda melakukan nya dengan rutin maka secara tidak langsung anda akan menghilangkan kebiasaan merokok tersebut.

Bila anda bingung harus melakukan apa saat waktu senggang maka sebaiknya isi waktu tersebut dengan istirahat, agar berhasil berhenti merokok, sebaiknya perbanyak lah beristirahat. Jadi ketika anda sedang berhasrat merokok maka segera lah melakukan istirahat baik itu berupa tidur atau hanya sekedar relaksasi, dengan begitu akan meredam kebiasaan merokok bahkan dapat menghilangkan merokok dengan sendiri nya.

  1. Selalu Berkunjung Tempat Bebas Rokok

Cara yang terakhir untuk cara berhenti merokok dengan cepat adalah dengan sesering mungkin untuk berkunjung di tempat yang bebas asap rokok, biasanya ruangan bebas rokok ini di tempat tempat yang terdapat AC. Mungkin perlu untuk anda untuk membeli AC di rumah, selain AC membuat anda dan sekeluarga merasakan segar nya udara bersih anda pun akan segan untuk mengkonsumsi di rumah. Apa bila anda belum mampu untuk membeli AC dan melakukan perawatan pada AC tersebut maka jangan dipaksakan, jalan lain nya adalah dengan sering berkunjung di tempat kerja seperti kantor atau pun ruang ruang yang terdapat AC nya untuk melakukan aktivitas bekerja.

Kesimpulan

Masih banyak sebenarnya cara berhenti merokok secara alami yang dapat anda lakukan, mungkin dengan berjalan nya waktu anda akan menemukan sendiri cara yang paling tepat untuk menghentikan merokok tersebut karena setiap perokok aktif berbeda beda cara untuk mengatasi kebiasaan merokok tersebut di sesuaikan dengan kebiasaan dan kondisi tubuh, sekian artikel tentang cara berhenti merokok total, terimakasih.

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook2Share on Google+1Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *