10 Tipe Pekerja Yang Sering Ditemukan Di Kantor Yang Harus Anda Ketahui

10 Tipe Pekerja- Berbagai sifat manusia diciptakan Tuhan pada umat nya, dimana sifat-sifat tersebut sebagai pembeda antara satu orang dengan orang lainnya. Sifat ada yang baik dan juga ada yang buruk dimana pengendali sifat itu adalah pemikiran manusia itu sendiri ingin ego atau dewasa dan peran lingkungan juga sangat berperan didalam nya.

Tidak jauh pula dalam dunia pekerjaan, berbagai orang dan jenis kepribadiannya berada didalamnya. Penentu keberhasilan sebuah perusahaan dimana seorang pimpinan dapat mengenali kelemahan dan kelebihan karyawan nya sehingga karyawan dapat bekerja dengan baik dengan begitu perusahaan akan mencapai tujuan yang di targetkan.

10 Tipe Pekerja
10 Tipe Pekerja

10 Tipe Pekerja

Seorang ahli psikologi dan bisnis yang bernama Steve Faktor atau yang lebih dikenal dengan pendiri website ideafaktory telah membuat kelompok para pekerja menjadi 10 bagian yang berbeda-beda. Apakah anda ingin tahu 10 jenis pekerja tersebut? Jenis pekerja apakah anda? Berikut adalah 10 tipe pekerja oleh Steve Faktor dan Tema Kita :

1. Tipe Pekerja Si Loyal

Pembahasan tipe pekerja yang pertama adalah si loyal, si loyal  pasti ada dalam satu organisasi besar. Untuk menentukan jenis pekerja loyal sangat lah mudah, biasanya tipe pekerja loyal ini selalu menceritakan tentang pekerjaan serta perusahaan kepada siapa pun yang di temui nya tanpa diminta penjelasan oleh orang lain. Tipe pekerja ini selalu terpilih menjadi karyawan teladan karena bentuk dedikasinya tanpa batas yang mereka tunjuk kan di setiap harinya.

2. Tipe Pekerja Si Bambi

Masih jarang orang mengenali istilah tipe pekerja si bambi, tipe pekerja ini merupakan tipe pekerja baru masuk dalam perusahaan yang masih penuh vitalitas dan semangat kerja yang membara. Jenis pekerja ini selalu menunjukan senyum dan ceria kepada siapa pun ditemuinya terutama atasannya. Bila Kamu adalah seorang senior apalagi kamu seorang pimpinan maka dia akan dengan cepat dan gesit untuk melaksanakan tugas nya dengan baik serta sempurna.

Yang sering dilihat pada tipe pekerja ini biasanya seorang yang baru masuk kerja atau lebih sering terlihat pada anak baru lulusan pendidikan atau lebih dikenal dengan fresh graduate yang penuh rasa ke ingin tahuan yang besar serta rasa ingin belajar yang membara. Tipe pekerja si bambi ini tidak jarang dari mereka untuk menanyakan pekerjaan yang sulit bagi mereka dan tidak jarang dari mereka untuk mencari perhatian kepada senior dan atasan.

3. Tipe Pekerja Si Alpha

Mungkin diantara para pembaca mengartikan Alpha merupakan pernyataan jarang masuk, yaitu karena memang di sekolahan si Alpha merupakan keterangan siswa yang tidak masuk sekolah dengan tidak memberikan keterangan. Ternyata menurut Steve Faktor tipe pekerja si Alpha adalah tipe pekerja pemimpin para tipe pekerja loyal. Biasanya tipe pekerja ini memiliki kemampuan memimpin yang sangat bagus serta memiliki semangat berkompetisi yang tinggi secara profesional. Tipe pekerja ini selalu menganggap bahwa diri nya adalah kaum elit bagi perusahaan atau merasa dirinya adalah bagian penting kesuksesan perusahaan tersebut.

Dengan adanya tipe pekerja Alpha biasanya memberikan inspirasi kepada karyawan lain untuk bekerja lebih bagus setiap saat, sangat mudah untuk mengindikasikan keberadaan si Alpha ini karena biasanya tipe pekerja alpha selalu senang berkumpul dengan sesama nya dimana mereka saling menceritakan keberhasilannya selama ini membuat perusahaan semakin sukses.

4. Tipe Pekerja Si Aman

Tidak jauh dari tipe si Alpha biasanya tipe pekerja si aman menduduki jabatan  tinggi pada perusahaan, yang membedakan si aman dengan si Alpha adalah si aman tidak memiliki daya sekarismatik seperti si Alpha. Sudah tentu bukan tipe satu ini selalu mencari aman dari pekerjaannya dan mereka tidak ingin mengambil sebuah resiko yang besar untuk mengamankan jabatan yang mereka miliki.

Tidak jarang pula si aman menjilat para si Alpha untuk menduduki jabatan tersebut. Si aman merupakan tipe pekerja yang pandai dalam manipulator ulung yang pandai melihat kesempatan yang ada. Biasanya si pekerja aman selalu dianggap menjadi pekerja yang dimana pekerjaannya selalu dianggap beruntung.

5. Tipe Pekerja Si Pekerja

Untuk tipe ini sangat umum dari tipe pekerja lainnya, karena apa? tipe pekerja si pekerja ini tidak terlalu menonjol dan tidak terlalu berkesan hasil kerjanya lebih cenderung biasa saja. Keberadaan si pekerja sangat dibutuhkan pada perusahaan karena dengan ada nya mereka maka proses bisnis pada perusahaan dapat berjalan dengan konstan.

Tipe pekerja ini biasanya hebat dalam bidang-bidang tertentu saja sehingga mereka tidak mampu untuk melakukan pekerjaan ganda sekaligus, mereka juga tidak begitu bagus sosialisasi antar karyawan tidak mampu membangun jaringan kerja kepada relasi nya. Sangat susah bahkan cenderung tidak cocok tipe pekerja si pekerja ini untuk di jadikan pimpinan yang dikarenakan sifat sosialisasi nya yang kurang pandai.

6. Tipe Pekerja Si Natural

Tipe pekerja si natural ini memiliki hasrat yang ambisius yang juga memiliki banyak talenta didalamnya, tidak jarang mereka bersaing dengan si Alpha untuk mendapatkan nama baik serta jabatan yang tinggi dalam perusahaan. Sisi positif nya biasanya si natural lebih baik dan luwes bila dibandingkan dengan si Alpha yang ditunjukkan dengan kerendahan hatinya.

Tipe pekerja natural ini sangat di kagumi di kantor keberadaannya, karena orang-orang ini sangat brilian kemampuannya sehingga si natural diakui semua orang di kantor. Hebat nya lagi pencapaian yang dia raih tidak dianggap itu menjadi pencapaian dan keberhasilan sendiri, melainkan si tipe pekerja natural ini lebih mengakui keberhasilan tersebut karena kerja keras tim mereka, oleh karena segala kehebatan yang dia miliki tipe pekerja ini selalu disegani dan dihormati para atasan dan rekan kerja.

7. Tipe Pekerja Si Nyentrik

Seorang pahlawan dalam super hero apa pun selalu mereka datang di saat-saat tertentu untuk menyelesaikan masalah dengan cepat dan tepat. Begitu pula dengan tipe pekerja si nyentrik yang selalu hadir saat perusahaan membutuhkannya, terutama hadir saat-saat waktu genting.

Mereka merupakan seorang innovator yang hebat dengan begitu mereka datang saat genting dengan membawa gagasan untuk unik untuk menyelesaikan masalah perusahaan yang sedang dialami. Kenyentrikkan mereka terkadang di jauhi oleh tipe pekerja yang lain, bahkan sampai ditekan. Memerlukan kesabaran dan waktu yang lebih untuk menghubungkan maksud mereka dengan tipe pekerja yang lain.

8. Tipe Pekerja Si Pragmatis

Ini tipe yang sangat mengutamakan idealis dalam pekerjaannya, selalu keinginan jelas segala sesuatunya. Bila kebutuhan mereka yaitu kejelasan sudah diberikan pimpinan baru lah mereka menjalankan tugas mereka dengan maksimal dan memberikan yang terbaik untuk menyelesaikannya tersebut. Sekedar informasi saja, biasanya kelompok pragmatis memiliki kelebihan lebih di bandingkan tipe pekerja lainnya yaitu mereka sangat pandai menganalisis serta strategi ulung.

9. Tipe Pekerja Si Acuh

Tipe yang terakhir adalah tipe yang sering kali ditemukan di perusahaan, dimana tipe pekerja si acuh yang di pikiran mereka adalah masalah uang tujuan mereka bekerja, mereka tidak peduli hasil kerja mereka bagus atau tidak dan dengan si apa mereka bekerja. Yang tipe pekerja satu ini dalam pemikiran mereka yang penting adalah bekerja. Namun tipe pekerja seperti ini justru yang dibutuhkan perusahaan karena tanpa tipe pekerja ini maka perusahaan tidak dapat berjalan.

10. Tipe Pekerja Si Pekerja Keras

Tipe pekerja keras ini biasanya sangat totalitas dalam bekerja, mereka tidak tahu waktu dan kondisi yang terpenting tugas yang diberikan pimpinan dikerjakan dengan sempurna mungkin, tipe pekerja keras ini hampir mirip dengan tipe pekerja si pragmatis bedanya tipe pekerja keras tidak membutuhkan yang nama nya kejelasan dalam tugas tersebut tetapi lemah dalam merancang sebuah strategi. Tipe seperti ini rentan terhadap penyakit karena kondisi mereka yang selalu memforsir tenaga untuk bekerja.

Sebenarnya ada pula tipe pekerja yang mampu merangkap dengan tipe kerja lainnya, yang terpenting kita harus memahami setiap 10 tipe pekerja yang ada di perusahaan sehingga dapat memaksimalkan potensi yang mereka miliki dengan bijak, sekian artikel 10 tipe pekerja.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *