Tips Rahasia Cara Memulai Bisnis Dari Awal, Panduan Bisnis Populer

Cara Memulai Bisnis Dari Awal – Halo bertemu lagi dengan temakita, kali ini kita akan membahas cara  memulai bisnis dari awal. Jaman yang semakin maju saat ini penuh akan persaingan di berbagai bidang, termasuk dalam bidang usaha. Apa lagi saat ini berbagai harga pokok yang terus naik mengikuti kenaikan bahan bakar bensin, sedangkan pemasukan hanya mengandalkan gaji setiap bulan tidak lah cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Mengatasi masalah diatas harus ada sebuah solusi yang dapat menyelesaikan masalah tersebut, yaitu membuka sebuah usaha. Membuka sebuah bisnis baru, bukan lah perkara mudah untuk memulainya. Berbagai kendala yang sering di hadapi saat membuka bisnis baru terkadang membuat pengusaha tersebut merasa putus asa, dan tidak ingin melanjutkan bisnis yang sudah dibuka nya

langkah memulai usaha, Business Plan, melangkah sebagai wirausaha, langkah awal memulai bisnis, langkah awal berbisnis, langkah awal wirausaha, langkah awal membangun bisnis, cara awal berbisnis, cara memulai bisnis di rumah, cara memulai usaha dari awal, cara memulai bisnis dari awal,
Ilustrasi : Cara Memulai Bisnis Dari Awal

.

Pengalaman merupakan salah satu elemen penting dalam membuka sebuah bisnis, dari berbagai kegagalan kegagalan yang dialami akan membuat seseorang tersebut kuat dalam menjalankan bisnis. Bisnis memerlukan sekelompok orang atau tim yang memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mengapai target yang telah ditentukan.

Sebuah bisnis selalu menghasilkan berupa produk, entah itu produk berupa barang atau berupa jasa. Memiliki produk yang berkualitas tinggi tidak lah cukup untuk membuat sebuah perusahaan untuk sukses bila tidak di dukung oleh beberapa faktor diantaranya promosi produk dan manajemen yang baik. Supaya sebuah perusahaan dapat sukses kesemua elemen didalamnya saling bersinergi dengan baik.

Cara Memulai Bisnis Dari Awal

Apakah merasakan sebuah kebingungan untuk memulai sebuah bisnis? takut akan melangkah untuk meraih kesuksesan dalam dunia bisnis?. Mulai saat ini sudah seharusnya anda hapuskan pikiran-pikiran buruk tersebut karena temakita akan membantu anda untuk mengatasi permasalahan tersebut. Hal yang perlu anda lakukan untuk melangkah sebagai wirausaha adalah pahami terlebih dahulu diri anda, maksud dari memahami diri sendiri adalah dimana anda harus memahami diri anda seorang pemula dibidang bisnis atau orang yang sudah mencoba bisnis tetapi belum mendapatkan hasil yang memuaskan. Jika anda memang berniat menjadi seorang pengusaha ada baik nya anda membaca artikel ini(Cara Memulai Bisnis Dari Awal). Berikut adalah cara mulai bisnis dari awal, oleh temakita :

  1. Mendapatkan Ide Usaha

Hal pertama sebelum anda memulai sebuah bisnis adalah temukan terlebih dahulu ide bisnis yang menurut anda dapat memaksimalkan potensi yang anda miliki. Dilarang keras bagi anda meniru bisnis yang sudah sukses, karena bisnis sukses yang akan anda tiru tersebut belum tentu anda dapat melakukan sebaik orang lain melakukannya hingga berhasil seperti itu. Cari lah terlebih dahulu potensi yang anda miliki, lebih mengarah kemana. Bila sudah mengetahui potensi yang anda miliki maka segeralah untuk melaksanakan bisnis tersebut.

Sebenarnya tidak ada yang salah bila anda ingin meniru bisnis sukses yang dilakukan orang lain, cuman dari awal anda harus sudah tanam kan bahwa prinsip awal yaitu ATM, A = Amati, T = Tiru dan M = Modifikasi. Amati bisnis sukses tersebut mengapa bisnis itu dapat sukses, tiru yang berarti anda harus meniru apa yang dilakukan bisnis yang sukses tersebut dan Modifikasi maksudnya lakukan modifikasi segala hal pada bisnis yang sukses tersebut dengan cara membenahi berbagai aspek yang dirasa kurang sempurna dari bisnis sukses yang anda ingin tiru.

  1. Tentukan Rencana Usaha

Setelah mendapatkan ide bisnis melalui cara diatas maka sudah waktunya anda untuk merencanakan usaha yang anda ingin kan tersebut. Rencana usaha merupakan salah satu elemen terpenting untuk anda tentukan sebelum memulai sebuah usaha, salah satu masalah yang akan timbul jika anda mengabaikan rencana usaha atau Business Plan adalah kekacauan di tengah usaha yang anda jalankan yang berakibat fatal kemunduran bahkan kehancuran bisnis yang sudah anda bina.

Mengapa sebuah Business Plan sangat bermanfaat untuk bisnis yang anda mulai yaitu banyak manfaat dan keuntungan untuk usaha anda. Biarpun usaha yang sedang anda rintis masih bertaraf mikro namun bila anda memiliki rencana usaha yang jelas maka usaha yang anda jalan kan akan memiliki arah dan tujuan yang jelas sehingga perusahaan anda dapat berkembang dengan pesat. Manfaat kedua dari memiliki rencana bisnis adalah anda dapat menentukan modal awal yang anda keluarkan untuk membiayai bisnis anda tersebut dan anda pun akan mengetahui keuntungan yang anda dapatkan dari bisnis tersebut.

Salah satu rencana usaha adalah sebuah visi dan misi dari perusahaan. Visi dan misi perlu dibentuk sejak perusahaan baru berdiri. Tentukan visi perusahaan yang anda inginkan ingin mengarah menuju kemana serta target-target yang di perlukan. Hal kedua adalah tentukan misi perusahaan, maka buat lah sebuah daftar misi-misi perusahaan untuk mendukung dari visi perusahaan tersebut untuk tercapai.

langkah memulai usaha, Business Plan, melangkah sebagai wirausaha, langkah awal memulai bisnis, langkah awal berbisnis, langkah awal wirausaha, langkah awal membangun bisnis, cara awal berbisnis, cara memulai bisnis di rumah, cara memulai usaha dari awal, cara memulai bisnis dari awal,
Ilustrasi : Tips Rahasia Cara Memulai Bisnis Dari Awal Dengan Melakukan bisnis plan

Lakukan pula analisis swot pada perusahaan baru yang anda dirikan tersebut, analisis swot berfungsi sebagai melihat kelebihan dan kekurangan dari perusahaan anda Untuk lebih penjelasan lebih detail nya silahkan kunjungi juga artikel ANALISIS SWOT DAN CONTOHNYA PADA PERUSAHAAN, dimana SWOT tersebut merupakan sebuah singkatan dari :

  1. S = Strength(Kekuatan)
  2. W = Weakness(Kelemahan)
  3. O = Opportunity(Kesempatan)
  4. T = Threat(Ancaman)
  1. Survei

Jika sudah membuat rencana bisnis maka langkah selanjutnya melakukan survei pasar. Pasar disini bukan berarti hanya pasar tradisional maupun pasar modern, melainkan melihat peluang bisnis dari lingkungan dimana anda ingin membuka sebuah bisnis tersebut. Cara melihat peluang bisnis sangat lah mudah yaitu lihat lah di lokasi tersebut apa yang dibutuhkan masyarakat dan terjadi masalah apa dilingkungan tersebut. Setelah melihat sebuah masalah di lingkungan tersebut saat nya anda menyelesaikan masalah tersebut dengan bisnis.

Jangan lupa survei juga pesaing terdekat yang sejenis dengan perusahaan anda. Fungsi survei pesaing tersebut cukup banyak seperti anda mengerti bagaimana manajemen perusahaan, pelayanan kepada konsumen, jenis produk yang dijual, harga produk yang dijual sampai marketing produk yang dilakukan oleh perusahaan pesaing tersebut.

  1. Persiapan

Segala sesuatu yang kita lakukan perlu yang namanya persiapan yang matang, supaya kita mendapatkan hal yang kita inginkan. Sama halnya dalam membuka sebuah bisnis baru dimana perlu yang namanya sebuah persiapan, semakin banyak persiapan yang dilakukan maka peluang bisnis tersebut sukses pun semakin tinggi.

Persiapan yang perlu anda lakukan diantaranya seperti persiapan izin ke pihak terkait, izin ke pemerintahan, menyiapkan pegawai yang dibutuhkan, persiapan gedung, mesin, fasilitas, logo perusahaan dan persiapan alat-alat yang akan gunakan untuk membantu kelancaran bisnis anda nantinya. Tentunya jangan lupa berdoa kepada Tuhan seperti mengadakan selametan atau syukuran kepada masyarakat sekitar.

  1. Memulai Usaha

Semua hal sudah anda lakukan seperti yang telah dijelaskan diatas(langkah memulai usaha), maka sudah sepatutnya anda melangkah menuju langkah yang terakhir yaitu memulai usaha. Dengan anda sudah memulai sebuah usaha yang dimana berarti anda sudah bersiap untuk memasuki gerbang persaingan bisnis, dimana disana sudah banyak para pesaing bisnis yang nantinya anda harus bersaing dengan profesional untuk mengapai visi dari perusahaan.

Bagi anda yang baru memulai sebuah usaha, tentunya nanti kedepan anda akan bertemu dengan berbagai kendala yang mengganggu laju perusahaan yang anda pimpin. Oleh karena itu tetap lah untuk terus bersemangat dan berusaha sekuat tenaga untuk membuat bisnis anda sukses. Jadikan berbagai masalah yang hadapi kelak merupakan sebuah pelajaran untuk mendapatkan pengalaman yang berharga.

Kesimpulan

Sekian pembahasan tentang langkah awal membangun bisnis, semoga bermanfaat untuk anda. Saya doa akan semoga bisnis yang anda mulai akan menjadi bisnis yang sukses serta dipermudah kedepan nya. Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Memulai Bisnis Dari Awal.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *