Fakta Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi

Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi - Dampak negatif globalisasi dan dampak positif globalisasi sebenarnya tidak ada satupun orang yang dapat menghentikan suatu perkembangan suatu bidang. Seperti kemajuan teknologi saat ini semakin banyak membantu dampak positif globalisasi dengan cara teknologi membantu pekerjaan manusia, dengan dihasilkan media media masa yang semakin canggih. Dampak Positif globalisasi dan dampak negatif globalisasi mempengaruhi beberapa sektor seperti pendidikan, sosial budaya, politik dan ekonomi.

Globalisasi sendiri merupakan suatu kondisi proses yang terjadi seluruh bangsa, seseorang tidak mengenal batasan batasan suatu wilayah negara nya. Dengan ada nya globalisasi seseorang dapat bertukar atau mengirim informasi kepada orang lain dengan mudah di mana pun dan kapan pun. Oleh sebab itu kita diwajibkan untuk harus mengikuti cepat nya arus globalisasi tersebut dengan sikap bijaksana.

dampak positif dan negatif globalisasi secara umum
Ilustrasi : dampak positif dan negatif globalisasi secara umum

Era Globalisasi ini juga dipengaruhi oleh budaya budaya asing dari luar negeri yang sudah tidak lagi dapat dibendung, sehingga bangsa Indonesia akan terkena dampak langsung, dampak positif dan negatif globalisasi tersebut. Komunikasi yang dilakukan oleh bangsa bangsa semakin sering terjadi atau intens, Kemajuan sistem informasi dan teknologi semakin berkembang pesat sehingga menjadi salah satu faktor penting dari dampak positif dan negatif globalisasi.

Dengan terus terjadi nya perkembangan ini memunculkan era globalisasi, yang membuat seluruh orang terkena dampak globalisasi tersebut, tidak hanya di kota kota besar saja di Indonesia, bahkan di daerah pedesaan dan perkampungan terkena dampak arus globalisasi tersebut. Temakita akan membahas fakta dampak positif dan negatif di beberapa sektor berikut Pembahasan nya:

Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi Di Bidang Ekonomi

Sektor ekonomi terkena dampak dari globalisasi itu sendiri terutama di Indonesia, dimana anda tahu bukan bila negara negara maju seperti Amerika, Jepang, Rusia, Inggris, dan sebagainya dimana negara negara maju tersebut itu lah yang memiliki peranan penting dalam mengatur ekonomi dunia. Indonesia sebagai negara berkembang harus mengikuti perkembangan laju ekonomi dan teknologi dari negara yang telah maju tersebut, sehingga negara Indonesia tidak ketinggalan dari negara maju tersebut.

UMKM saat telah memegang peranan penting pada sektor perkembangan ekonomi di Indonesia, maka tidak heran bila Indonesia sangat bergantung pada UMKM tersebut. Hal tersebut justru mempersulit ekonomi negara Indonesia untuk memasuki pasar global bersama dengan negara maju lain nya. Fakta nya saat ini UMKM memiliki keterbatasan modal dan teknologi sehingga sulit sekali untuk berkembang.

Jika permasalahan diatas tidak kunjung diselesaikan dan tidak mampu untuk bersaing dengan negara negara maju dari sektor ekonomi dimasa yang akan datang, maka sudah dapat dipastikan Indonesia sampai kapan pun tetap bergantung dengan kekuatan ekonomi negara maju lainnya. Persaingan ekonomi secara global akan menentukan kemenangan bagi negara yang kuat secara finansial, dan sebaliknya kekalahan akan menimpa bagi yang kalah dalam segi persaingan ekonomi secara global.

Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi Di Bidang Politik

Secara tidak langsung ternyata dampak era globalisasi juga masuk kerana dunia politik. Dikarenakan media komunikasi saat ini sangat berkembang pesat oleh teknologi, juga berdampak terhadap pengaruh nya ideologi asing masuk kedalam pemerintahan, sehingga akan berdampak terhadap bidang politiknya.

Dalam beberapa kasus politik dalam sebuah pemilihan umum seperti pemilihan presiden, Gubernur, Walikota atau bupati dimana saat ini sangat kental dengan kebutuhan negara asing. Terlihat jelas dalam visi dam misi yang di ungkapkan oleh para calon calon yang ada dimana mereka lebih mengedepankan isu isu globalisasi, semua ini bisa saja terjadi dimana sebuah negara maju dapat menguasai atau menjajah negara berkembang.

Tetapi Era globalisasi pada politik juga memberikan dampak positif didalam nya seperti semakin banyak nya partai partai baru dan meningkatnya kesadaran masyarakat dalam berpartisipasi pada partai politik. Saat ini juga banyak lembaga lembaga negara yang banyak berbenah diri untuk lebih baik seperti MK, DPD, dan sebagai nya, hal ini di pengaruhi oleh dampak positif globalisasi.

Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi Di Bidang Pendidikan

Perkembangan jaman dengan semakin canggih nya teknologi dapat di manfaatkan oleh para guru untuk menyampaikan ilmu kepada anak didik nya di sekolah. Saat ini banyak nya pengembang pengembang aplikasi membuat berbagai media pembelajaran yang interaktif sehingga merangsang murid untuk mencintai sebuah ilmu, jadi bisa dikatakan belajar sambil bermain. Tidak hanya media interaktif, aplikasi Elektronik buku juga banyak beredar di dunia maya yang dimana konten nya sangat membantu para siswa untuk memahami suatu teori dalam materi pelajaran.

Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi
Ilustrasi : Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi

Tidak hanya dirasakan dampak positif pada murid saja teknologi tersebut, karena para guru juga dapat memaksimalkan teknologi sebagai media sistem informasi untuk membantu pekerjaan para guru diantaranya seperti aplikasi rapor siswa online, E-Learning, sistem informasi absensi dan sebagai nya. Banyak sekali yang dapat di gunakan teknologi untuk menunjang kemudahan dalam berkarya dalam pendidikan sangat bagus dampak positif globalisasi tersebut.

Ternyata bila dilihat secara mendetail ada sebuah lubang dari kemajuan teknologi tersebut yaitu dampak negatif globalisasi di bidang pendidikan. Konten konten pendidikan di dunia maya harus tetap untuk terus di pantau oleh orang tua dan guru agar anak anak nya tidak terjerumus ke Dampak Negatif Pergaulan Bebas.

Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi Di Bidang Sosial Dan Budaya

Budaya suatu negara sangat dipengaruhi oleh kebiasaan yang dilakukan masyarakat nya pada setiap daerah. Era globalisasi ini memberikan dampak positif di bidang sosial dan budaya, hal ini terlihat dari banyak masuk nya budaya budaya asing ke dalam negeri sehingga akan menambah kekayaan budaya di dalam nya, hal tersebut tetap harus di filter karena bila tidak budaya asing akan merusak mental generasi muda yang masih polos seperti budaya barat yang melanggar norma dan agam.

Globalisasi budaya secara garis besar tidak dapat dihindari bahkan saat ini banyak sekali masyarakat yang menjadi objek dari deras nya arus globalisasi budaya tersebut. Banyak sekali pengaruh globalisasi budaya yang membuat orang tersebut merubah pola pikir dan perilaku nya setiap hari baik ke arah yang positif atau sebaliknya kearah yang negatif. Dirasa perubahan positif yang saat ini terjadi pada masyarakat yang telah meniru budaya luar antara lain seperti :

  • Kerja keras yang bagus
  • Menerapkan profesional dalam bekerja
  • Meningkat secara signifikan kegiatan membaca dan menguasai iptek
  • Sikap disiplin yang baik
  • Memiliki pemikiran dan tindakan yang maju kedepan kearah yang jauh lebih baik

Apabila budaya budaya diatas dapat di terapkan secara menyeluruh segenap masyarakat Indonesia, di yakini maka hidup masyarakat akan semakin sejahtera. Yang perlu di  perhatikan adalah apabila yang terjadi sebaliknya, era globalisasi budaya justru mendominasi di kehidupan masyarakat maka sudah dapat dipastikan suatu bangas tersebut menjadi korban globalisasi dan akan kehilangan budaya dan sosial di negara nya sendiri.

Kesimpulan

Segala sesuatu nya memang ada sisi positif dan negatif, sama hal nya dengan Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi. Kita sebagai masyarakat harus pandai pandai dalam menyikapi terhadap segala perubahan yang terjadi yang di akibatkan dari globalisasi, sekian artikel Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi, semoga bermanfaat untuk anda, Terimakasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *