Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Informasi

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Informasi – Jaman sekarang yang semakin cepat perkembangan teknologi nya memiliki dampak positif dan negatif teknologi. Teknologi sebenarnya memiliki dampak positif teknologi yaitu memudahkan setiap pekerjaan yang dilakukan oleh manusia. Ternyata semakin lama teknologi memiliki dampak negatif teknologi terhadap lingkungan yang disebabkan oleh penyalah gunaan teknologi tersebut.

Seperti yang kita ketahui bersama dampak positif dan negatif globalisasi ada banyak campur tangan yang nama nya teknologi, hal tersebut dapat dilihat semakin mudah nya seseorang mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, oleh karena itu secara tidak langsung akan merubah sosial dan budaya terhadap suatu bangsa.

Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Informasi
Ilustrasi : Dampak Positif Dan Negatif Teknologi Informasi

Semakin banyak orang pintar(Programmer) di dunia ini berakibat banyak aplikasi aplikasi baru yang dipergunakan untuk memudahkan pekerjaan, memberikan hiburan, berbisnis, komunikasi, sehingga mengharuskan atau menuntut sebuah Hardware yang digunakan harus semakin tinggi untuk mengimbangi proses yang dilakukan oleh aplikasi tersebut.

Sedikit membahas tentang aplikasi, aplikasi sendiri saat ini ada beberapa jenis nya yang sering digunakan masyarakat untuk kebutuhan sehari hari seperti :

  1. Aplikasi Desktop atau software
  2. Aplikasi Website atau web base
  3. Aplikasi Mobile

Memang sebuah teknologi informasi dapat berkembang pesat saat ini memiliki dampak baik dan juga dampak positif. Baik hal tersebut secara langsung kita sadari atau pun tidak kita sadari karena hal tersebut telah di sebabkan kembali ke individu yang menggunakan teknologi informasi tersebut. Bagi anda yang ingin mengetahui apa apa saja dampak positif  dan negatif teknologi informasi, berikut temakita akan memberikan ulasan nya :

Dampak Positif Teknologi Informasi

  1. Mudah Mendapatkan Informasi

Dampak positif yang pertama dari teknologi adalah mudah nya mendapatkan informasi. Teknologi sangat identik dengan yang nama nya informasi, baik itu informasi mentah yang di masukan oleh pengguna lalu di proses oleh teknologi tersebut untuk menjadi sebuah informasi yang jauh lebih berguna. Dimana sebenarnya didalam teknologi tersebut terdapat sebuah pemrosesan data yang di dapat oleh user atau di sebut dengan input, sedangkan proses pengeluaran data dari sebuah teknologi merupakan sebuah output.

Saat ini informasi pada teknologi tidak hanya melalui sebuah sistem lokal melainkan informasi yang didapat melalui sebuah media internet, sehingga data yang di dapatkan jauh lebih banyak dan jauh lebih relevan. Dalam internet seluruh orang dapat mengakses nya asalkan memiliki sebuah data pada perangkat nya sebagai arus keluar masuk nya data tersebut.

  1. Media Sosial

Dengan ada nya media sosial pada teknologi seakan akan seseorang tersebut dapat berkomunikasi terhadap orang banyak melalui sebuah aplikasi. Dengan menggunakan media sosial dunia seperti tidak memiliki batasan ruang dan waktu sudah tidak berarti lagi, karena cukup memiliki sebuah perangkat dan koneksi internet maka seseorang tersebut dapat berkomunikasi terhadap banyak orang.

Sebagai contoh misal saat ini banyak media sosial diantaranya ada facebook, twitter, instagram dan g++ sebagai media sosial buatan produk google inc. Sosial media merupakan salah satu alat yang paling efisien dalam melakukan pertemanan serta mendapatkan berbagai informasi didalam nya. Hanya melalui media sosial seseorang dapat melakukan berbagai hal dalam pertemanan, bahkan informasi yang diberikan media sosial sangat lah up to date atau terbaru.

  1. Meningkatkan Arus Informasi

Saat ini arus informasi sangat lah cepat sekali, bahkan tidak dapat terkontrol lagi, hal ini disebabkan oleh dampak globalisasi yang terjadi pada seluruh dunia pada bidang teknologi. Meningkatkan atau mempercepat suatu arus informasi ini merupakan hal yang positif karena dapat memberikan sebuah informasi dengan cepat, relevan dan mudah. Perkembangan teknologi yang pesat ini ditandai dengan arus informasi dengan feedback yang merupakan karakteristik dari teknologi informasi semakin maju.

Dimana dapat memberikan manfaat yang berguna kepada pemakai teknologi tersebut, apa lagi bila sudah membahas tentang Internet, saat ini kebutuhan internet merupakan kebutuhan yang wajib untuk di miliki seseorang yang ingin selalu mendapatkan informasi yang terbaru.

  1. Membantu Seseorang Mencari Informasi

Saat ini untuk mendapatkan sebuah informasi tidak lah sulit untuk mencari nya, berbeda pada jaman dulu hanya untuk mencari sebuah informasi sangat lah mahal harga nya membutuhkan materi dan pengorbanan yang besar. Dalam sebuah teknologi banyak fasilitas mencari sebuah informasi yang di inginkan biar pun tidak seluruh nya informasi yang di dapatkan tersebut tidak selama nya benar, oleh karena itu pengguna harus lah pintar pintar dalam melakukan seleksi pencarian informasi tersebut.

kelebihan dan kekurangan programmer ,kelebihan dan kekurangan menjadi programmer ,kelebihan dan kekurangan seorang programmer ,kelebihan dan kekurangan programming language ,kelebihan dan kekurangan linear programming ,kelebihan dan kelemahan linear programming ,kelebihan dan kekurangan menjadi programer,apa itu programmer

Apa lagi peranan internet untuk membantu mencari sebuah informasi, hal tersebut sangat vital saat ini. Banyak sekali alat alat di internet dapat di gunakan oleh pengguna untuk mencari data yang di inginkan seperti google pencarian. Google pencarian merupakan alat yang paling mutakhir dalam melakukan pencarian data yang di inginkan oleh pengguna internet, serta data data informasi yang di hasilkan oleh google merupakan data yang valid dan relevan.

  1. Media Hiburan Dan Pendidikan

Teknologi saat ini banyak sekali ke gunanya salah satu nya adalah sebagai media hiburan dan pendidikan. Teknologi saat ini tidak hanya memberikan informasi berupa output sebuah kalkulasi atau teks, melainkan teknologi dapat memberikan fitur hiburan seperti mendengar kan musik dan menonton film. Sehingga para pemakai teknologi merasa nyaman untuk selalu menggunakan nya karena teknologi ini sendiri memiliki banyak kemampuan yang tanpa batas.

Dunia pendidikan dapat memaksimalkan teknologi sebagai alternatif untuk menyampaikan ilmu kepada murid. Banyak sekali saat ini aplikasi media interaktif untuk merangsang anak untuk menyukai sebuah materi pembelajaran baik berbayar maupun gratis. Dengan Menggunakan teknologi sama hal nya murid belajar sambil bermain, dengan begitu murid dapat dengan mudah mendapatkan informasi yang diberikan oleh guru.

  1. Jual Beli Produk

Dalam melakukan promosi produk saat ini tidak selalu menggunakan cara konvensional dari mulut ke mulut atau melakukan promosi via presentasi(Cara Sukses Presentasi) melainkan dapat menggunakan via promosi online. Dimana dengan menggunakan atau modal internet anda dapat mempromosikan berbagai produk yang anda miliki melalui sebuah website promosi seperti forum dan  media sosial, bila anda ingin perusahaan terlihat profesional maka tidak ada salah nya anda mengeluarkan modal sedikit untuk membiayai hosting, domain dan jasa programmer untuk membuat toko online sendiri.

Dampak Negatif Teknologi

Teknologi tidak hanya memberikan dampak positif saja, beberapa yang diyakini dampak buruk dari teknologi tersebut sehingga dapat secara tidak langsung dapat mengganggu kehidupan sehari hari. Kebanyakan dampak negatif dari teknologi tersebut didapatkan dari kurang nya pengalaman dari pengguna teknologi terhadap etika dan tata cara penggunaan teknologi yang baik dan benar atau pengguna telah melakukan berbagai pelanggaran kode etik penyalahgunaan teknologi tersebut, berikut ulasannya

  1. Teknologi dapat membuat seseorang terkena penyakit autis
  2. Sebagai awal mula perselingkuhan dalam hubungan
  3. Meningkatnya penipuan dalam transaksi jual beli online
  4. Banyak nya konten konten negatif di internet
  5. Melupakan tugas tugas dan kewajiban seseorang
  6. Membuang buang waktu yang tidak berguna
  7. Pencemaran nama baik seseorang
  8. Penyalah gunaan sebuah data penting
  9. Marak nya ilegal konten hasil jiplak karya orang lain
  10. Malas dalam melakukan aktifitas

Kesimpulan

Sebenarnya teknologi diciptakan untuk kebaikan umat manusia, sehingga tidak ada yang salah dalam teknologi informasi tersebut. Yang salah adalah pengguna nya yang melakukan penyalah gunaan teknologi untuk melakukan kejahatan. Sekian artikel dari dampak positif dan negatif teknologi bagi kehidupan manusia, Terimakasih.

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook0Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *