Dampak Negatif Pergaulan Bebas Di Kalangan Pelajar

Dampak Negatif Pergaulan Bebas – Di jaman yang serba modern saat ini, kebiasaan masyarakat telah berubah, bila perubahan tersebut kearah yang positif mungkin tidak masalah, tapi apa jadinya bila hal tersebut justru mengarah ke dampak negatif. Sayang nya perkembangan jaman yang serba digital seperti saat ini malah justru banyak membawa kearah yang negatif. Kurang nya filter dalam diri manusia tersebut untuk menerima segala informasi yang ada terutama pada masa remaja. Usia-usia saat remaja biasanya adalah masa-masa yang dimana seseorang mencari jati diri, dari masa anak-anak yang masih dibimbing orang tua mengarah ke masa yang lebih dewasa hal tersebut yang dinamakan puber.

pergaulan bebas, penyebab pergaulan bebas, dampak negatif pergaulan bebas ,contoh dampak negatif pergaulan bebas ,dampak negatif pergaulan bebas dan perbuatan zina ,dampak negatif pergaulan bebas di kalangan pelajar ,makalah dampak negatif pergaulan bebas ,dampak negatif pergaulan bebas bagi pelajar ,artikel dampak negatif pergaulan bebas

Para remaja biasanya rentan sekali dapat dipengaruhi bila tidak di siasati dengan kedewasaan, maka mudah sekali terjerumus ke dunia hitam. Oleh karena itu temakita kali ini akan memberikan informasi artikel dampak negatif pergaulan bebas, sehingga generasi muda dapat melihat dampak buruk apa saja bila salah dalam memilih jalan dalam hidup nya. Sampai saat ini dampak negatif pergaulan bebas masih mendominasi ketimbang dampak positif pergaulan bebas. Sebenarnya dampak pergaulan bebas itu ada sebab yang membuat hal tersebut terjadi, tentu tidak ada api bila tidak ada yang menyelakan api tersebut, berikut penyebab dari pergaulan bebas:

Dampak Negatif Pergaulan Bebas

1. Orang Tua

Peran orang tua untuk membimbing anak menuju ke jalan yang benar adalah sebuah kewajiban, oleh karena itu sebagai orang tua harus memperhatikan setiap tindakan dari anak tersebut, apakah sudah sesuai dengan norma atau malah menyimpang. Saat ini banyak sekali orang tua yang telah melupakan kewajibannya untuk mendidik anak, tidak sedikit orang tua hanya sibuk dengan urusannya sendiri, sehingga anak merasa terlantar kan.

Tidak hanya masalah orang tua sibuk dengan pekerjaan nya banyak contoh di luar sana, keegoisan orang tua dalam mengambil tindakan dianggap salah sehingga sering terjadinya pertengkaran. Apakah dengan kondisi demikian anak akan merasa nyaman tinggal dalam rumah, yang ada anak akan mencari pelarian diluar yang membuat dia merasa nyaman sehingga anak tersebut terjerumus ke dampak pergaulan bebas.

2. Lingkungan

Lingkungan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang mental seorang anak, bila anak tersebut tidak memiliki filter iman didalam dirinya hal tersebut tentu akan membawa nya ke pergaulan bebas.

Lingkungan yang tidak sehat atau tidak kondusif akan membuat anak tersebut akan menjadi anak yang negatif, sebaliknya bila seorang anak tumbuh dalam kondisi lingkungan yang sehat tentu anak tersebut akan malu untuk melakukan kesalahan karena memang lingkungan tersebut sudah ada norma atau aturan yang tertulis maupun tidak tertulis.

3. Media

Seperti yang diatas dibahas teknologi saat ini sangat lah berkembang pesat, banyak konten yang berkualitas positif hingga lebih banyak lagi konten negatif. Media sangat cepat sekali menyebar di dunia maya, sehingga bila seorang anak tidak pandai dalam memfilter segala sesuatu yang dia dapatkan dari media, maka dapat dipastikan anak tersebut akan terkena dampak negatif pergaulan.

Di sinilah kewajiban pemerintah terutama orang tua untuk memfilter segala aktivitas yang dilakukan anak tersebut terhadap dunia maya, batasi anak-anak tersebut untuk mengakses hal-hal yang berbau negatif mungkin bisa dengan menggunakan teknologi proxy dan sebagainya, anak pun harus selalu di berikan pengertian ilmu agama sehingga anak tersebut dapat memfilter segala sesuatu yang dia terima dari luar dengan baik.

4. Kurangnya Informasi Tentang Reproduksi

Di Negara Indonesia yang terkenal masyarakat nya tabu atau malu membicarakan pendidikan reproduksi dimana pun berada, membuat anak merasa bingung sehingga mereka mencari tahu sendiri ilmu reproduksi tersebut. Apabila mereka mencari ilmu kepada orang atau sumber yang tidak terpercaya maka hal tersebut dapat memberikan dampak negatif pergaulan bebas tersebut.

Perlunya penyuluhan ilmu tentang pendidikan reproduksi yang mereka harus ketahui tidak perlu inti cuman bentuk umum dari ilmu itu saja, sehingga anak tidak penasaran dan dapat menjaga diri mereka sendiri saat di luar rumah.

5. Ilmu Agama Yang Kurang

Agama di ciptakan untuk membuat umat nya selalu tunduk patuh dengan aturan dari Tuhan serta menjauhi larangan Tuhan, mungkin lebih mudah dikatakan bahwa agama adalah filter utama kita dalam melakukan sesuatu supaya hidup kita teratur serta selalu senantiasa untuk melakukan kebajikan.

Tugas seorang orang tua adalah salah satunya mendidik anak nya untuk terus beribadah menekan kan nilai agama pada kehidupannya. Biasanya dampak negatif pergaulan bebas itu terjadi pada remaja yang jauh sekali dari kata nilai agama, bagi mereka agama itu tidak lah penting, sehingga mereka tidak tertarik untuk menuruti segala perilaku baik yang disarankan agama. Bila seseorang sudah jauh dari agama nya maka sudah dapat dipastikan orang tersebut telah berada di jalan yang sesat.

Diatas merupakan penyebab terjadinya pergaulan bebas tersebut, pergaulan bebas sangat identik dengan nama nya perbuatan tercela yang sangat di benci oleh agama, terus apa saja contoh dampak negatif pergaulan tersebut? berikut adalah dampak negatif pergaulan bebas kalangan pelajar:

6. Hamil Di Luar Nikah

Bagi anda para wanita biasanya akan terkena dampak negatif pergaulan bebas yaitu hamil diluar nikah, hal tersebut dikarenakan dampak negatif pacaran oleh pria yang berlebihan. Biasanya wanita mudah sekali tergiur dengan rayuan para pria yang ingin menikmati tubuh nya setelah itu di campakan wanita tersebut, hal tersebut dilakukan oleh wanita merasa pria tersebut mampu memberikan kedamaian dan kebahagian tersendiri, kenyamanan tersebut tidak di dapatkan nya saat di rumah sehingga mereka mencari pelarian kepada orang yang tidak bertanggung jawab akhirnya wanita tersebut terkena dampak negatif pergaulan dan perbuatan zina.

Coba bagaimana tambah berantakan hidup wanita tersebut, sudah keluarga bermasalah belum lagi masa depan dari korban menjadi buram. Hamil di luar nikah merupakan aib pada pasangan tidak resmi, dimana mereka tidak sepatutnya melakukan hal yang tidak boleh dilakukan. Ujung-ujung nya korban melakukan yang nama nya aborsi atau membuang bayi tersebut dengan tidak merasa berdosa sama sekali, coba sudah berapa besar dosa yang telah di perbuat mereka.

7. Putus Sekolah

Pemerintah telah membuat aturan wajib sekolah 9 tahun malah saat ini sudah ada wacana yang sebentar lagi di resmikan wajib sekolah 12 tahun. Pemerintah jelas menginginkan warga negara nya memiliki kecerdasan secara teori dan praktik sehingga dapat berguna untuk negara nya. Tetapi jelas kontras terjadi dengan remaja yang terkena dampak dari pergaulan bebas, mereka lebih mementingkan egois mereka untuk bersenang senang dalam artian negatif tanpa memikirkan masa depan mereka sendiri. Bila hal tersebut terjadi siapa orang yang dirugikan? tentu pribadi itu sendiri dan negara yang sudah susah-susah memberikan fasilitas gratis sekolah malah di sia-sia kan. Ingat negara yang bodoh akan mudah bagi negara asing untuk menjajah nya.

8. Kriminalitas Tinggi

Sudah hal tentu bila seseorang tidak memiliki bobot ilmu yang cukup maka tidak pekerjaan yang ingin menerima nya, sehingga apa yang terjadi? tentu tingkat kriminalitas semakin tinggi seperti pencurian, pemerkosaan, begal bahkan sampai dosa besar sekalipun yaitu pembunuhan yang tidak diizinkan oleh Tuhan. Hal ini tentu akan meresahkan warga yang berada di sekitar orang yang terkena dampak negatif pergaulan tersebut, hidup merasa tidak nyaman karena dimana-mana terjadi nya ancaman kriminal tersebut.

9. Penyakit Mematikan

Sudah barang tentu orang yang salah pergaulan akan mengikuti contoh yang tidak baik ter kontaminasi dengan hal-hal yang buruk termasuk penyakit. Sering kali kita mendengar orang-orang nakal(jahat) sering terkena berbagai penyakit yang mematikan seperti hepatitis, meningitis, HIV hingga penyakit kelamin yang dimana penyakit-penyakit tersebut lumrah menyerang orang yang salah pergaulan.

Mungkin dalam kedokteran, ketika orang terkena salah pergaulan mereka akan sering sekali berada di dunia luar sana, dengan sering mengkonsumsi serta melakukan hubungan zina yang dimana membawa bibit penyakit apalagi dengan daya tahan tubuh lemah tersebut virus dan bakteri sangat mudah sekali menyebar ke seluruh tubuh.

Ya seperti itulah penyebab dan Dampak Negatif Pergaulan Bebas Di Kalangan Pelajar, oleh karena itu berpikiran dewasa lah sebelum terjerumus ke jurang kehancuran karena pergaulan bebas, jauhi sifat egois tersebut sehingga anda akan mementingkan diri sendiri dan orang lain untuk melakukan perbuatan yang baik, ingat peribahasa bila kita melakukan kebaikan maka anda akan mendapatkan kebaikan bila anda sekarang menanam keburukan bersiap-siap lah kelak anda mendapatkan keburukan yang anda tanam tersebut.

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *