Cara Menghilangkan Sifat Egois Dan Kekanak Kanakan

Cara Menghilangkan Sifat Egois – Sifak Kekanak kanakan itu sudah ada sejak kita masih kecil, mungkin tidak masalah bila sifat itu terjadi pada usia anak-anak tapi apa jadinya ternyata sifat itu terjadi pada seseorang yang sudah dewasa. Tentu hal tersebut akan menjadi gunjingan teman sebaya nya, hal tersebut dapat membuat orang lain merasa malas untuk berkomunikasi atau membuat sebuah ikatan kepada orang yang memiliki sifat Kekanak kanakan.

Cara Menghilangkan Sifat Egois

Sifat egois masih dalam satu koridor dengan sifat kekanak kanakan, karena sifat egois merupakan sifat yang hanya ingin menang dirinya saja tanpa mau mengalah secara dewasa kepada orang yang membutuhkan. Terus bagaimana Cara Menghilangkan Sifat Egois Dan Kekanak Kanakan? berikut caranya oleh temakita:

1. Intropeksi Diri

Cara Menghilangkan Sifat Egois
Cara Menghilangkan Sifat Egois

Cara yang pertama adalah dengan intropeksi diri atau di sebut juga tahu diri. Coba lihat kesalahan apa saja yang sudah membuat orang lain tidak suka dengan anda. Coba untuk renungkan masalah tersebut dan secepatnya ubah sifat tersebut menjadi sifat yang arif dan bijaksana.

2. Berhenti Mementingkan Diri Sendiri

Kita hidup di dunia ini saling membutuhkan antara satu individu dengan individu lainnya begitu pula kita di wajibkan untuk saling tolong-menolong antar sesama. Oleh karena itu mulai lah untuk tidak memikirkan diri sendiri, bersikap lah secara bijaksana untuk memikirkan orang lain, dalam konteks baik dan masih dalam batas-batas kewajaran.

3. Cari Lah Panutan

Setiap orang selalu memiliki orang idola yang baik, tentu menjadi seorang publik figur di tuntut untuk terus tampil karismatik dan dewasa. Coba anda pikirkan siapa yang menjadi panutan anda, contoh caranya dalam bersikap tingkah laku. Dengan mencontoh hal yang baik, dengan tidak sengaja anda pun telah merubah kebiasaan buruk anda untuk menjadi lebih baik.

4. Berpikir Sebelum Bertindak

Kematangan seseorang dalam berpikir akan menunjukan kualitas orang tersebut. Oleh karena itu sebelum mengambil tindakan ada baiknya berpikirlah terlebih dahulu apa baik dan buruk nya bila kita mengambil tindak tersebut. Dengan begitu setiap tindakan yang anda lakukan akan hati-hati untuk menghindari masalah.

5. Ubah Pola Pikir

Sifat kekanak kanakan harus lah segera untuk di hilangkan dengan berbagai cara. Biasanya orang dewasa memiliki kemampuan untuk memikirkan tindakan yang tidak terduga sebelumnya. Coba lah bersikap untuk mengambil tindakan yang berbeda dari biasanya tetapi tindakan tersebut mencerminkan kedewasaan berpikir dan bijaksana.

6. Tahan Emosi

Emosi atau amarah merupakan sifat yang tidak lah baik, harus segera anda hindari supaya anda memiliki banyak teman. Coba lah untuk dapat mengatur emosi yang anda rasakan bila anda sedang tidak nyaman dengan sesuatu. Seseorang yang menggebu-gebu atau marah dengan hal yang kecil terlihat jelas memiliki sifat yang labil.

7. Berteman Dengan Teman Yang Baik

Teman itu ada yang jahat dan ada pula yang baik, sayang nya ternyata dalam sehari-hari lebih banyak teman yang jahat dari teman yang baik, tepi tenang semua orang juga merasakan apa yang telah di rasakan. Cari teman yang sekiranya memiliki sifat yang dewasa dan bijaksana dengan begitu anda pun akan tertular menjadi kepribadian yang dewasa. Biasanya orang yang dewasa itu tidak di lihat dari umur tapi dari perilaku dan taat atau tidak nya terhadap agama.

Kesimpulan

Memiliki sifat kekanak kanakan merupakan sebuah sifat yang tidak baik, dan segera lah untuk menjauhi sifat tersebut. Perbanyak lah ibadah kepada Tuhan sehingga anda akan di buka kan pintu hati dan pikiran menjadi pribadi yang memiliki sifat dewasa. Semoga bermanfaat artikel tentang Cara Menghilangkan Sifat Egois Dan Kekanak Kanakan, terimakasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *