12 Cara Ampuh Mempersiapkan Pernikahan Dalam Waktu 6 Bulan, Tidak Perlu Lama-Lama Berfikir

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook5Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0

Pernikahan merupakan ceremony yang pasti dilalui seluruh insan manusia, Tuhan menciptakan manusia berpasang pasangan. Jodoh sudah di tentukan oleh Tuhan semenjak kita didalam rahim ibu. Sebuah pernikahan adalah hari yang dinanti-nantikan oleh ke-2 insan manusia yang saling mencintai, itu dikarenakan hari tersebut 2 insan manusia tersebut menjadi suami istri. Maka dari itu lah banyak pasangan yang benar-benar mempersiapkan pernikahan mereka dengan sempurna karena moment tersebut hanya terjadi sekali seumur hidup(Dalam konteks bukan poligami maupun menikah lagi).

Menurut berita dari mulut ke mulut persiapan pernikahan itu membuat gila. Dalam waktu setahun aja belum tentu kelar mempersiapkan segalanya dengan matang. Padahal menurut pengalaman persiapan yang matang tidak perlu waktu yang lama.

Dan kali ini tema kita akan membantu anda untuk menyiapkan pesta pernikahan dalam waktu yang singkat.  berikut ini persiapan yang dilakukan :

Mulailah mendatangi pimpinan desa bersama keluarga untuk membahas pernikahan anda

Saat Anda dan pasangan sudah berkomitment untuk menuju jenjang pernikahan mulai lah anda bersama orang tua anda untuk mendatangi pimpinan desa(Kepala Dukuh, RT/RW bahkan bila perlu sampai Lurah) untuk meminta petunjuk proses-proses dalam pernikahan dan apa saja yang perlu di persiapkan.

Konfirmasi keluarga masing pasangan untuk membahas tanggal dan tempat pernikahan

menggabungkan dari banyak opini menjadi satu pendapat itu lah yang susah. Banyak pasangan yang gagal menuju jenjang pernikahan di sebabkan hal ini, dikarenakan masing-masing keluarga memiliki pendapat dan keinginan sendiri-sendiri tapi itu semua demi kebaikan dan kelancaran pernikahan ke dua mempelai. Jadi saran saya anda dan pasangan anda harus memiliki jiwa sabar, dewasa, dan bijaksana dalam bersikap pada kondisi ini. Pada waktu ini kedua keluarga sudah menentukan tanggal beserta tempat pernikahan.

Pimpinan desa kedua mempelai memulai perunding acara pernikahan

Setelah kedua keluarga dari masing pasangan sudah berunding dan memiliki pendapat yang sudah mengerucut jadi sempit, maksudnya dari banyak pendapat sebelumnya sekarang menjadi lebih sedikit, saatnya menugaskan pimpinan desa untuk saling bertemu untuk membahas pernikahan yang akan di langsungkan. Proses ini dilakukan dikarenakan pimpinan desa bisa menengahi dari perbedaan pendapat dari masing-masing keluarga untuk mencari titik temu.

Mulai lah mencari cincin dan mahar emas yang sesuai dengan kondisi ekonomi

Membeli emas kawin adalah sebuah keharusan dalam sebuah pernikahan, beli lah emas kawin sesuai budget yang anda miliki. Membeli emas kawin sebaiknya ajak pasangan anda, karena apa belum tentu emas yang anda beli sesuai dengan yang diinginkan pasangan anda dari bentuk, karat  dan gram nya. koordinasikan dengan pasangan anda berapa emas minimum dalam pernikahan.

Mulai lah mencari mahar seserahan anda

setiap daerah seserahan itu berbeda-beda antara wilayah satu dengan yang lainnya mengikuti adat masing-masing daerah. Beli lah mahar seserahan yang sesuai tradisi pada daerah anda tapi ingat di sesuaikan dengan budget yang anda miliki. Sebaiknya membeli mahar seserahan ini tidak perlu mewah tetapi pantas di berikan kepada pasangan. Untuk jumlah berapa mahar seserahan ini dibawa maka dikoordinasikan dengan keluarga perempuan dan pimpinan desa anda.

Mencari rias pengantin, gedung atau tenda, video syuting dan fotografer

Rias pengantin sebaiknya dicari yang bagus kualitasnya karena ini moment sehidup sekali, rias pengantin yang dicari pun sudah memiliki pengalaman. Untuk pemilihan gedung atau pun tenda menyesuaikan dari hasil diskusi keluarga baiknya yang mana karena dari tenda maupun gedung memiliki kelebihan dan kekurangan. Video syuting pengantin itu menjadi pilihan yang opsional yang dimaksud bisa ada maupun tidak melihat dari segi keuangan. Jasa Fotografer sebaiknya harus ada karena foto nikah itu wajib setiap resepsi maupun preweding dalam pernikahan, karena foto tersebut dapat menjadikan kenang kenangan yang dapat dilihat anak cucu kita kelak.

Persiapan Undangan Pernikahan

Undangan menyesuaikan dengan orang yang kita kenal dekat dan perhitungkan jarak antara rumah anda dengan orang yang di undang, kasihan kan kalau jarak nya terlalu jauh misal antar provinsi maupun antar pulau, mungkin solusinya pihak pengantin harus menyediakan transportasi. Undangan harus dipersiapkan 2-3 minggu sebelum pernikahan jangan sampai dadakan.

Memesan Catering

Ada 2 pilihan yang harus diambil antara memasak sendiri dengan meminta bantuan keluarga dan tetangga atau memilih yang praktis dengan memesan catering Dari segi ekonomis jelas lebih hemat memasak sendiri karena bahan dan menu bebas kita tentukan, bila mengambil catering biaya jauh lebih mahal tetapi anda praktis dan simple.

Mencari baju pengantin yang anda ingin kan dan sesuai dengan tubuh anda

Baju pengantin di Indonesia itu 2-3 tahap ganti baju dalam satu hari resepsi pernikahan, pertama baju waktu akad nikah laki-laki akan memakai baju formal dengan stelan kemeja putih dan jas-celana hitam sedangkan perempuan menggunakan baju pengantin putih. Kedua saat resepsi pernikahan, pria dan wanita akan memakai baju adat yang sama untuk melangsungkan ceremonial pernikahan. Ketiga, menggunakan baju pengantin untuk terima tamu saat sore hingga malam hari. Biasanya baju pengantin sudah termasuk satu paket dalam rias pengantin.

Melakukan Foto Prewedding

Dalam agama islam melarang adanya prewedding, tetapi bila ingin foto prewedding ambil atau tentu kan lokasi yang cocok untuk melakukan foto prewedding. Sebagai tambahan anda dapat menggunakan properti sekitar anda misal menggunakan motor atau mobil kesayangan anda untuk ikut berfoto bersama anda dan pasangan.

Lamaran Pernikahan

Pertemuan formal antar keluarga bisa menjadi awal yang baik diantara kalian. selain mempererat silaturahmi dengan mempertemukan kedua keluarga akan menjadikan tanda keseriusan hubungan.

Semua persiapan sudah lengkap saatnya dekatkan diri pada Tuhan

Banyak lah beribadah dan berdoa kepada Tuhan untuk kelancaran acara pernikahan anda. Moment-moment seperti ini biasanya akan ada perasaan “Apa benar dia jodoh ku ya?” kalau sudah ada perasaan yang tidak bagus tetap tekad kan niat untuk menikahi orang yang anda cintai.

Seperti itulah garis besar dari pernikahan yang ada di Indonesia, mungkin setiap adat pernikahan berbeda-beda dengan yang lainnya, kita hanya mengikuti setiap tahapan demi tahapan demi kelancaran hari pernikahan kita. Hadapi segala masalah yang ada dengan tenang dan bijaksana. Percayakan kepada keluarga anda dalam membantu pernikahan anda karena tanpa mereka acara pernikahan anda terasa berat dan mungkin susah untuk terlaksana dan jangan lupa minta lah ridho kepada orang tua anda dan pasangan anda.

Tolong Di Share KawanPin on Pinterest0Share on Facebook5Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Share on Tumblr0
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *